Langsung ke konten utama

Mengupas Pisang Sendiri

Zona 2 Kemandirian Anak 

Hari ke 1 




Mengupas Pisang Sendiri

Temuanku hari ini 

Alhamdulillah usia si bungsu saat ini menuju 16mo. Doi sebenarnya memang sudah terbiasa makan dan nyemil sendiri karena sejak awal MPASI kami menggunakan metode dominasi blw, namun aku akan mencoba mengarahkan Maryam untuk belajar mengupas pisang sendiri karena si kecil ini memang suka penasaran dengan hal-hal yang ditemuinya. Mengupas buah-buahan yang mudah dan mengupas telur adalah target kemandirian yang insyaaAllah akan aku usahakan untuk si kecil Maryam. 


Strong Why 
Si kecil Maryam memang sering kulihat adalah anak yang serba penasaran dan selalu berusaha mencoba sendiri apa yang menurutnya menarik untuk dicoba. Seperti kegiatan mengupas pisang ini, pernah kudapati beberapa waktu ia berusaha mengupas pisang sendiri yang terkadang berhasil dan terkadang malah berakhir berantakan. Nah, dengan ini aku akan mencoba mengarahkannya agar ia lebih bisa mengatasi kegiatan mengupas pisang dengan lebih baik lagi. 
Melatih motorik halus untuk anak seusianya juga salah satu strong why mengapa kegiatan ini jadi kegiatan yang dipilih saat ini. 

Strategi Melatih Kemandirian 
Untuk melatih kemandirian kegiatan ini strategi yang aku buat adalah : 
  1. Mencoba sounding di awal dan memberi contoh terlebih dahulu dengan diawali bismillah lalu diperlihatkan bagaimana step by step mengupas kulit pisang 
  2. Meminta anak mencobanya setelah dicontohkan lalu mengarahkannya 
  3. Memberi apresiasi berupa pujian sederhana saat ia berhasil dan memberi semangat untuk mencobanya ketika ia gagal 
  4. Mengarahkan anak agar bisa membuang kulit pisang sendiri pada tempat sampah

Suksesku hari ini 
Alhamdulillah Si kecil Maryam perlahan mulai belajar mengupas pisang sendiri, namun yang dikupas tadi adalah jenis pisang muli yang memang kulitnya itu tipis. Jadi mungkin ia agak kesulitan mengupas. Namun ia tetap berusaha lalu setelah mengupas Alhamdulillah ia bergegas membuang kulit pisang pada tempat sampah di dapur. MasyaaAllah good job anak pintar ❤️๐Ÿ’•

Tantanganku hari ini
Tantanganku adalah sabar membuat anak tetap fokus dan terus berusaha dengan kegiatannya karena kebetulan jenis pisang yang diuji cobakan hari ini adalah pisang muli yang kulitnya memang lebih tipis dari jenis pisang Ambon dan yang lainnya. 

Suksesku untuk hari esok
insyaaAllah aku akan mencoba lagi mengarahkan Maryam untuk belajar mengupas pisang lagi meskipun jenis kulitnya adalah kulit pisang yang tipis maupun tebal. Dan selalu mengarahkannya untuk membuang sampah pada tempatnya.

Rasaku hari ini
Alhamdulillah perasaanku saat ini adalah sangat bahagia dan bersemangat karena biidznillah Maryam sudah pandai memahami perintah dan arahan sederhana dariku. MasyaaAllah Tabarokallah. Semoga semangat belajar untuk lebih baik lagi ya Nak. 

Respon Ananda
Respon Maryam saat awal diarahkan memang masih kebingungan, namun dari caranya memperhatikanku saat mulai mencontohkan mengupas pisang aku tahu bahwa ia bersemangat untuk mencobanya. Mudah-mudahanan selalu semangat belajar ya Nak. Barokallahu fiik. 




Fitri Yani Sari 
IP Bandung

#harike1
#tantangan15hari
#zona2kemandirian
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun ๐Ÿ“ Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio ๐Ÿ“š Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger ๐Ÿ“œ Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor ๐ŸŒฑ Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong