Langsung ke konten utama

Menjadi Ahli Serangga



Late post 

Hari ini Ummi coba ajak anak-anak bermain lagi dengan tema ayat Al Qur'an Q.s AnNuur : 45. 


Menjadi ahli serangga, 

Tadinya Ummi mau ajak anak-anak jalan-jalan sore di sekeliling rumah mencari serangga dan mengamatinya sebagai salah satu hewan ciptaan Allah. 

Tapi, qodarullah di luar hujan. 


Jadi, kami mencoba belajar di rumah dengan memperkenalkan kepada si Kakak dan adik bahwa salah satu hewan yang Allah ciptakan adalah jenis serangga. 

Ummi juga bercerita sederhana disertai gambar sederhana tentang bagaimana serangga tumbuh dari mulai telur-larva-pupa- dan menjadi serangga dewasa. 


Dan untuk akitiftas kegiatannya, Ummi membiarkan si Kakak dan adiknya mewarnai gambar serangga dengan teknik finger painting. Tadinya Ummi kasih masing-masing satu kertas dan satu finger stamp untuk berdua, Daan ternyata berakhir ricuh nih keduanya hihi. Si kakak yang mulia asyik mewarnai pun tak tenang karena si adik mencoba mengganggunya. Akhirnya hasilnya berantakan, hihi tak apa ya, bermain sambil belajar. 





Manfaat aktifitas : 

- Mengenal ciptaan Allah 

- Melatih motorik halus 

- Mengembangkan kreatifitas 

- Melatih koordinasi tangan dan mata 


#quranbasedplay 

#idemain 

#idemainanak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun ๐Ÿ“ Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio ๐Ÿ“š Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger ๐Ÿ“œ Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor ๐ŸŒฑ Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong