Langsung ke konten utama

Bermain Air Mancur

 

Alat dan Bahan :

• Botol plastik bekas
• cup bekas
• sedotan
• lem tembak
• air
• pewarna makanan biru


Cara Bermain :

• Ajak anak mengawali dengan berdoa
• Read aloud anak tentang air sesuai Q.s Al Mu'minuun :18 
• Ajak anak berkomunikasi tentang siapa yang menciptakan air, bisa berasal darimana saja dan untuk apa saja
• Mulai ajak bermain air dengan memintanya mewarnai air dengan pewarna biru
• Mencontohkan dan meminta anak mencoba menuang air ke botol atau alat peraga yang telah dibuat 
• Anak memperhatikan proses perjalanan air dari atas, melalui botol pertama hingga ke botol bawah 
• Lalu minta dan bantu anak membalik posisi botol ke bawah agar air yang berada di botol bawah bisa pindah ke botol yang atas 
• Kembalikan botol ke posisi semula dan minta anak menuang air sedikit pada cup dan air mancur akan keluar dari sana. 
• Anak memperhatikan dengan takjub dan senang, Alhamdulillah masyaaAllah
• Menjelaskan secara sederhana kepada anak bagaimana air bisa muncul sebagai air mancur 






Checklist Indikator :

🌸 Moral & Nilai Agama
• Berdoa sebelum melakukan kegiatan
• Memperkenalkan salah satu bentuk ciptaan Allah dan nikmat Allah 
• Mengajak anak bersyukur kepada Allah 

🌸 Sosial, Emosional & Kemandirian

• Berkomunikasi dengan orang yang ditemuinya
• Mendengar dan berbicara dengan orang dewasa
• Menunjukan kebanggaan atas hasil kerja buatannya
• Berani mengungkapkan pertanyaan atau pendapat

🌸 Kognitif
•  Membedakan posisi suatu benda
• Mengikuti perintah tentang posisi
• Membedakan konsep penuh-kosong
• Membedakan konsep tinggi – rendah

🌸 Bahasa
• Mengikuti dua atau lebih petunjuk atau perintah 
• Berbicara dengan kalimat sederhana dan jelas
• Mulai bertanya dengan suatu tujuan
• Mengunakan kata tanya "apa, siapa, dimana"
• Menjawab pertanyaan tentang hubungan sebab akibat secara sederhana


🌸 Fisik atau Motorik
• Membuka atau menutup botol
• Memegang benda dengan benar
• Mengaduk cairan dengan alat
• Menuang air

Manfaat aktivitas :
• Menanamkan tauhid sejak dini
• Memperkenalkan ciptaan Allah dan mengajak anak bersyukur
• Melatih fisik motorik
• Melatih kordinasi tangan dan mata 
• Memperkenalkan sistem fisika secara sederhana 
• Membuat anak senang dan takjub masyaaAllah

#idemainanak
#idemain
#bermainairmancur
#diytoys

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong