Langsung ke konten utama

Tak Mau Makan

Hari ke 12 
Melatih Kemandirian Anak




Tak Mau Makan 

🌷Temuanku hari ini 

Malam ini saat hendak ku siapkan makan untuk anak-anak tiba-tiba kulihat si Kakak tak bersemangat. Padahal biasanya ia bersemangat makan apalagi dengan menu kesukaannya. Kuajak ia makan tetapi malah menolak. 
"Ga mau makan Mi.." katanya 
"Loh, kenapa ga mau .?" Tanyaku. 
"Mau disuapin aja ahh takut berantakan nanti." Jawabnya. 
Deg ! Aku merasa tersentak dengan jawabannya. Benarkah ia tak mau makan hanya karena tak mau berantakan dan tak mau membereskannya? 
Oh iya, memang beberapa hari terakhir saat ku mulai melatih membereskan bekas makan sendiri, ia memang masih tampak tak bersemangat dan tidak tertarik. Lain halnya dengan kegiatan mencuci piring, setiap selesai makan ia sudah berinisiatif memakai celemek sendiri. 
"Hemm, ga apa-apa berantakan juga. Nanti Ummi aja yang beresin. Kakak makan ya" bujuk ku lagi. Mencoba memahami apa yang membuatnya enggan makan apalagi makan sendiri. 
Akhirnya ia mau juga kusiapkan makan tapi masih terlihat tak bersemangat. 
"Ayok Nak, di makan itu makanannya" kataku bawel saat kulihat makanannya masih tak bergeming. 
Meski aku telah menjelaskan berulang bahwa tak apa berantakan, nanti biar aku yang bereskan. 
Dan akhirnya, aku yang luluh dan mencoba menyuapinya. Alhamdulillah mau dan sedikit demi sedikit masuk meski dengan bujukan karena memang kulihat tak bersemangat. 

🌷Strong Why 

Melihatnya tak bersemangat makan, sebenarnya membuatku kepikiran. Dan akhirnya kuputuskan untuk memberikan kesempatan ia untuk bermanja-manja dahulu dengan menyuapinya. Meski aku masih bertanya-tanya apa penyebabnya tak bersemangat, karena kalau hanya ia enggan membereskan bekas makannya, seharusnya saat ku suapi makan ia akan bersemangat kembali. 

🌷 Strategi Melatih Kemandirian

Memberikan ia kelonggaran kemandirian sewaktu waktu dibutuhkan dan mencoba memahami perasaannya dan fitrahnya yang masih ingin dimanja sewaktu-waktu. Dan yakin bahwa ini hanya sementara saja, bukan untuk selamanya. 

🌷Suksesku hari ini

Hari ini aku memang merasa tak begitu berhasil memahami perasaan nya. Terbukti dengan ia yang masih terlihat tak bersemangat makan meski SDH kucoba suapi makan.

🌷Tantanganku hari ini

Terkadang tak mudah memahami perasaan anak seusianya yang tak bisa ditebak dan terkesan tiba-tiba. 

🌷Suksesku hari esok

InsyaaAllah aku harus lebih bersabar dan mulai mencoba lagi memahami perasaan nya. 

🌷Perasaanku hari ini adalah kecewa dengan diri sendiri yang tak mampu membaca apa yang anakku rasakan dan inginkan. Merasa bersalah dan tak bersemangat. 

🌷Respon si Kakak juga tak bersemangat seperti biasanya. Mudah-mudahan esok insyaaAllah kembali bersemangat. Bismillah. Maafkan Ummi yah. 

Fitri Yani Sari
IP Bandung 

#harike12
#tantangan15hari
#zona2kemandirian
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong