Langsung ke konten utama

Aku Sayang Adik

Hari Ke 9

Melatih  Kemandirian Anak


Aku Sayang Adik

🌷 Temuanku hari ini

Hari ini seperti biasa, aku selalu mengajak anak-anak di luar saat menjemur pakaian. Sementara aku menjemur pakaian biasanya anak-anak bermain untuk sekedar berlari-lari atau melihat tanaman-tanaman di teras rumah maupun melihat jalanan dengan hiruk pikuknya. Karena kebetulan rumah yang kami tempati saat ini berhadapan langsung dengan jalan raya. 
Namun, pagi tadi si Kakak bermain dengan sepedanya. Sepeda bayi sih, hanya saja memang sepeda itu dulu dibeli untuk si Kakak saat belum ada adiknya. 
Kulihat adiknya hanya memperhatikan Kakaknya yang sedang berusaha mengendarai sepedanya sendiri, maju mundur dan malah terkadang adiknya mendorong sepedanya agar sepedanya maju. 
Lalu, ketika si Kakak turun dari sepeda. Kulihat Maryam mulai mendekati sepeda dan berusaha menaikinya sendiri. Tak berhasil kemudian ia meminta bantuan pada Kakaknya "naik naik.." ucapnya. 
Aku masih dengan kegiatan menjemurku, namun tetap kuperhatikan mereka. Kakaknya berusaha membantu, namun tetap saja tak berhasil. 
Aku kira saat adiknya meminta ingin menaiki sepedanya, si Kakak akan melarangnya. Eh tapi dugaanku salah malah justru sebaliknya. Alhamdulillah. 
"Ummi, ini Maryam mau naik sepeda cenah.." 
Akhirnya si Kakak yang meminta bantuanku. Aku menoleh.
" Oh main sepedanya giliran ya Kak." Tanyaku. 
"Bantuin Maryam Mi.." ucap si Kakak lagi saat aku memang belum menghampiri mereka. 
Aku pun segera menghampirinya dan membantu Maryam menaiki sepeda. 
Belum sempat aku berucap, bahwa aku meminta tolong Kakak untuk mendorong adiknya eh malah keduluan. 
"Aku dorongin Maryam ya .." ucap si kakak.
"Kakak mau dorong Maryam? Hati-hati yaa, pelan-pelan aja.." aku bertanya ingin memastikan. 
"Baik Mi.." jawabnya. 

Aku masih belum selesai dengan kegiatanku namun aku memperhatikan mereka. Si Kakak dengan susah payah berusaha mendorong sepeda adiknya, aku lihat ia memang sedikit kesulitan saat akan berbelok. 
Aku pun membantunya sedikit. 
"Kakak sayang sama Dede ya kak?" Tanyaku kemudian. 
"Iya mi.." jawabnya. 

🌷Strong Why 

Karena mereka adalah adik dan kakak. Sudah seharusnya mereka saling sayang menyayangi dan saling menjaga. Namun tentu saja hal itu bukan hal yang mudah. Terkadang memang kudapati mereka yang tadinya bermain berdua tapi berakhir ricuh, bertengkar. Tak jarang adiknya atau kakaknya yang menangis.
Meski sebenarnya perkataan berbentuk sounding maupun Omelan juga tak jarang keluar dari mulutku. Tetap saja, ada hal yang membuat mereka ricuh. Akhirnya tadi aku coba memberi pesan pada si Kakak untuk lebih menjaga adiknya dengan dasar rasa sayang, berharap ia terbiasa dan menjadi seorang Kakak yang baik yang menyayangi adiknya dan menjaganya. Karena aku tak tahu sampai kapan aku bisa membersamai mereka,tapi kelak suatu saat mereka pun harus bisa tanpa aku. Mereka harus selalu akur dan saling menjaga satu sama lain. 

🌷 Strategi melatih kemandirian

Dengan mencoba memberikan kesempatan kepada kakak beradik untuk saling menyayangi dan menjaga tanpa melarangnya asalkan dengan penuh pengawasan. Mengucapkan terima kasih kepada si Kakak atas kesediaannya mendorong sepeda untuk adiknya

🌷 Suksesku hari ini 

Alhamdulillah kegiatan mendorong sepeda berakhir dengan tanpa ada insiden bertengkar dan menangis. Si adik senang dan si kakak merasa bangga. 

🌷 Tantanganku hari ini 

Adalah harus benar-benar full pengawasan, karena selain takut terjatuh juga agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan semacam pertengkaran dan keributan lainnya. 

🌷Suksesku hari esok

InsyaaAllah aku akan berusaha menanamkan pada anak-anak mengapa dan bagaimana cara saling menyayangi satu sama lain. Dan insyaaAllah aku harus belajar lebih adil memahami keduanya. 

🌷Perasaanku hari ini senang dan merasa bersemangat

🌷Respon anak-anaku Alhamdulilah merasa senang .

Fitri Yani Sari
IP Bandung

#harike9
#tantangan15hari
#zona2kemandirian
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong