Langsung ke konten utama

Fun Cooking Class

Zona 3 

Cerdas Emosi dan Spiritual

Hari ke 2

Fun Cooking Class


 🌸Rencana 

Hari ini kami berencana melakukan fampro seperti kemarin. Melakukan sekolah di rumah tetapi dengan berusaha melakukan perbaikan-perbaikan, dengan lebih mengusung tema "Sahabat Terbaikku". 
Masih dengan topik sekolah di rumah, pembelajaran kali ini adalah Fun Cooking Class. Ya, kami mencoba mengajak Kaka Qonita terlibat dalam proses memasak makanan kesukaannya, yaitu membuat pangsit goreng. Aku berencana melibatkan Kaka Qonita dan adiknya Maryam dalam proses pembuatan kulit pangsit yang saja didampingi Abi nya. 
Ini adalah rencana utama hari ini selain tentunya kami juga berencana mencoba melakukan kegiatan rutin yaitu murojaah surat pendek dan belajar membaca iqro. 

❤️ Pimpinan Project : Ummi
❤️ Penanggung Jawab : Ummi
❤️ Logistik : Ummi 
❤️ Pelaksana : Kaka Qonita 
❤️ Teman Belajar : Abi dan Maryam 

📆 Hari : Jumat, 30 Okt 2020
⏲️ Pukul : Selepas Ashar 


📕Logistik 
√ Adonan Kulit Pangsit 
√ Penggiling Adonan
√ Plastik Alas
√ Gelas 
√ Tepung terigu 
√ Piring 

🌸Aktual dan Kendala 


Rencana kami memulai sebetulnya selepas ashar namun ternyata si Kaka belum bangun dari tidur siangnya. Adonan yang telah kusiapkan untuk membuat kulit pangsit pun disimpan agak lama menunggu sampai si Kaka bangun sekitar jam 17.00. 
Sebelum tidur memang sudah kami diskusikan bersama bahwa nanti ketika bangun tidur kita akan memulai agenda kegiatan fun cooking di dapur. 
Jadi, saat terbangun ia sudah antusias untuk berkegiatan. 

Awalnya memang kegiatan membuat kulit pangsit berjalan lancar sementara aku menyiapkan isian pangsit, namun beberapa waktu berikutnya Maryam juga ingin ikut terlibat dan membuat Abi, sebagai teman belajar mereka menjadi kerepotan. Hihi alhasil mereka pun akhirnya malah main-main dan ngemil makanan dan yang melanjutkan Abi seorang. 
Ketika selesai, aku melanjutkan proses pembuatan pangsit goreng hingga selesai dan Alhamdulillah mereka semua makan dengan lahap kecuali Maryam yang kebetulan sedang tumbuh gigi dan berkurang nafsu makannya. 
Setelah makan, kami melanjutkan dengan agenda murojaah dan membaca iqro selepas isya. Awalnya si Kaka bersemangat dan ikut solat Isya bersama Abinya, namun setelah solat ia pun tiba-tiba enggan murojaah hafalan. 
Baik, kami tak memaksa dan mencoba mengajaknya membaca iqro huruf 'ain, yang kemarin sempat tertunda. Tapi lagi-lagi ia memilih huruf Fa. Kami turuti dan ternyata hanya berlangsung satu baris saja setelahnya ia mulai terlihat tak bersemangat dan malah ingin mendengar cerita. 
Abinya pun bercerita dan berharap setelah selesai bercerita ia akan kembali belajar membaca namun lagi-lagi ia enggan. 

Baik, ku coba bertanya padanya dengan membuat pilihan. "Kaka mau baca iqro atau mau belajar baca ini" sambil menunjuk ke buku membaca menyenangkan ala Montessori. 
Lalu tak disangka ia terlihat bersemangat dan memilih untuk belajar membaca buku saja. Kami menurutinya dan alhamdulilah berjalan lancar proses belajar membacanya 2 halaman. Kami pun memberinya apresiasi kecil dengan memujinya. 
Dan proses belajar hari ini diakhiri dengan dialog iman dan read aloud Q.S AnNahl :114 tentang syukur kepada Allah yang telah memberi rezeki berupa makanan yang kebetulan tadi telah kita buat dan nikmati bersama. Kami juga berdiskusi tentang contoh makanan yang baik dan halal yang seharusnya kita makan. Alhamdulillah done untuk fampro hari ini. 

🌸Refleksi 
  1. Alhamdulillah dialog iman hari ini tersampaikan dengan baik meskipun terdapat beberapa kendala
  2. Memahami keinginan anak akan lebih membuatnya bersemangat melakukan kegiatannya 
  3. Apresiasi setiap usahanya sebagai bentuk motivasi belajar sangat penting DNA dipertahankan 
  4. Mencoba mencari cara yang lebih menyenangkan untuk membuatnya terlihat lebih antusias belajar 


🌸Capaian Keberhasilan 
Alhamdulillah capaian keberhasilan dari fampro hari ini adalah 70%. Mudah-mudahan berikutnya bisa lebih semangat dan lebih bahagia lagi menjadi sahabat terbaik si Kaka. 




#harike2
#tantangan15hari
#zona3cerdasemosidanspiritual
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia
#familyproject
#sahabatterbaik





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong