Langsung ke konten utama

Membereskan Bekas Makan

Hari ke 10

Melatih Kemandirian Anak


Membereskan Bekas Makan 

🌷 Temuanku hari ini

"Kak, kok makannya berantakan lagi"
Saat kulihat remah-remah nasi berserakan d karpet bahkan di baju dan celananya. Padahal memang selama ini aku sering memberikan sounding dan mencontohkan bagaimana agar bisa makan rapi dan tanpa berantakan banyak. 
Maka, setelah sebelumnya Alhamdulillah si Kakak menjadi senang dan nagih dengan kegiatan mencuci piring. Kali ini aku akan mencoba melatih ia untuk membereskan bekas makannya sendiri. Untuk melakukan proses makan sendiri memang ia sudah terbiasa namun untuk membereskan setelahnya ia selama ini memang terlihat kurang tertarik. 

🌷Strong Why

Agar ia lebih terbiasa bertanggung jawab untuk dirinya sendiri. Juga agar ia bisa lebih rapi ketika makan karena semakin ia berantakan ketika makan maka semakin banyak yang harus ia bereskan.  
Dan tak selamanya aku ada untuk dirinya maka dimulai dari hal kecil dan hal yang ia bisa lakukan aku akan melatihnya mandiri.

🌷 Strategi Melatih Kemandirian

✓Aku memulai dengan memberikan sounding di awal, memberi contoh bagaimana makan yang baik dan rapi agar tak banyak  remah nasi yang berserakan. 
✓Dan ketika selesai makan, aku pun mulai dengan tega memberi arahan agar ia membereskan bekas makannya sendiri. Kusiapkan sapu dan pengki kecil untuknya. 
✓Memberi contoh cara menyapu remah-remah dan memasukkannya ke pengki.
✓ Melakukan berbagai negosiasi dan bujukan agar ia mau melakukannya. 
√ Mengapresiasi setiap usahanya

🌷Suksesku hari ini

Alhamdulillah meski memulai dengan drama dahulu, karena penolakan si Kakak. Akhirnya ia mau melakukannya dengan perlahan, tentu saja tidak semua ia bereskan. Aku membiarkannya dulu membereskan semampunya lalu aku yang melanjutkannya. Good job Ka !

🌷 Tantanganku hari ini

Aku harus lebih bersabar ketika berbagai alasan penolakan ia lontarkan untuk kegiatan ini. Dan aku harus dengan konsisten merasa tega untuk melatihnya, karena memang ini tak mudah.  

🌷Suksesku hari esok 

InsyaaAllah aku akan mencoba konsisten melatih kegiatan ini lagi sampai ia benar-benar merasa senang melakukannya tanpa terpaksa. 

🌷Perasaanku hari ini sedikit kecewa tapi tetap mengapresiasi si Kakak karena setelah ini ia bersemangat untuk mencuci piring 

🌷Respon si kakak terlihat kurang bersemangat dan melakukan berbagai penolakan meskipun akhinya ia lakukan juga. Alhamdulillah tak apa ya Nak namanya juga proses belajar. Terima kasih untuk kerjasama nya.

Fitri Yani Sari
IP Bandung

#harike10
#tantangan15hari
#zona2kemandirian
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong