Langsung ke konten utama

Kembali Belajar Mandiri

Hari ke 15 

Melatih Kemandirian Anak

Kembali Belajar Mandiri



🌷Temuanku hari ini

Pagi ini suamiku harus pergi karena ada suatu urusan. Kukira si Kakak tak akan mempermasalahkan kehadiran Abinya karena sudah terbiasa dengan tanpa Abinya di rumah. Tapi ternyata aku salah, pagi-pagi saat bangun tidur ia menghampiriku di dapur. 
"Ummi, si Abi kemana?" tanyanya sambil masih meringis dan sedikit mengucek ngucek matanya. 
"Kan Abi kerja.. " candaku menjawab pertanyaannya. Dan ia pun menangis, merasa tak terima dengan jawabanku. Berteriak mencari-cari Abinya dan memanggilnya "Abiiiii, jangan pergi.." 
Tak tega mendengar tangisannya aku pun kembali berkata pada si Kakak
"Engga Ketang, si Abi pergi dulu ada urusan nanti pulang lagi.."
Setelah mendengar penjelasanku yang ini ia berhenti menangis dan mulai bisa menguasai dirinya. Mencoba tenang dan akhirnya bermain bersama Maryam yang sejak subuh tadi sudah lebih dulu bangun dan sempat diajak mandi Airnya sebelum pergi. 
"Kakak, mandi dulu yu" ajakku pada si Kakak saat air panas yang ku masak untuknya mandi telah siap. 
Tapi responnya berujung rengekan panjang, ia ingin mandi bersama Abinya. 
Walaupun sudah dijelaskan Abinya pergi dulu sebentar, ia tetap kekeuh ingin menunggu Abinya pulang saja. Padahal aku pun tak tahu kapan dan jam berapa Abinya pulang. 
Akhirnya aku pun melakukan pendekatan dan ia mau mandi sendiri ditemani olehku. 
Tentu saja dengan banyak drama penolakan, tapi tetap ku usahakan agar ia kembali mandiri. 
Mandi dan berpakaian sendiri lalu makan sendiri ia lakukan seperti biasa. 
Dan terkahir ia baru saja mau membereskan bekas makannya dan berniat mencuci piring, Abinya pulang. Dan tentu saja kegiatan membereskan bekas makan pun jadi berubah menyebalkan untuk nya dan ia girang bukan main melihat Abinya. Ku coba bujuk kembali agar ia sedikit membereskan nya kembali agar mendapat pujian dari Abinya, ia pun akhirnya mau dan bergegas cuci piring yang dengan bangga memperlihatkan kegiatannya kepada Abinya. 

🌷Strong Why

Aku dan suamiku memang sudah berdiskusi semalam agar tetap membiasakan anak-anak mandiri. Karena tak selamanya kami, orang tuanya akan menemani dan melakukan semuanya untuknya. 

🌷Strategi Melatih Kemandirian

Mencoba mengarahkan kembali apa yang sudah sebelumnya ia bisa dan lakukan meskipun tak menutup kemungkinan suatu waktu ia pun boleh bermanja-manja dengan fitrahnya sebagai anak balita. 

🌷Suksesku hari ini

Alhamdulillah perlahan si kakak bisa kembali ke rutinitasnya walaupun dengan banyak drama dan sebagian besar merasa ingin lebih dimanja Abinya.

🌷Tantanganku hari ini

Adalah memastikan dan berusaha sabar agar aku tidak kesal dan emosi menghadapi berbagai penolakan si Kakak dengan rutinitas kemandirian yang sebelumnya sudah terbiasa. Berusaha memahami perasaannya.

🌷Suksesku hari esok 

InsyaaAllah aku harus lebih bisa bersabar dan memahami anak-anakku .

🌷 Perasaanku hari ini tidak begitu excited dan bersemangat 

🌷Respon si Kakak kurang bersemangat

Fitri Yani Sari
IP Bandung

#harike15
#tantangan15hari
#zona2kemandirian
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun πŸ“ Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio πŸ“š Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger πŸ“œ Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong