Langsung ke konten utama

Hari 4 #Kepompong


Hari ini hari keempat latihan tidak memarahi anak. . Dan juga bertepatan hari terakhir Kakak belajar online di bulan Maret. Lalu, karena kami sedang berada di rumah neneknya (orang tuaku) ia sulit sekali dikondisikan untuk tepat waktu belajar online. Di rumah neneknya adalah kesempatan bagi dia untuk menonton televisi, kafen memang di tempat kami tinggal aku sepakat untuk tidak menggunakan televisi. Alasannya tentu saja untuk kebaikan, salah satunya agar anak-anak tak terbiasa dengan screen time dan lebih semangat untuk menghafal Al Qur'an. Tapi di rumah nenek inilah kesempatan bagi mereka. Aku memang membolehkan mereka untuk menonton selama di rumah neneknya akan tetapi tetap dengan waktu yang ditentukan tak bebas sesukanya. 

Hemm, tapi diluar ekspektasi sepertinya Kakak malah keenakan menonton bahkan ketika waktu sudah harus mulai belaja online. Akhirnya dengan tegas aku mematikan televisi. Meminta ia bersiap. Ya, ia memang bersiap duduk di depan meja dan memulai belajar online nya bersama Ustadzah kesayangannya. Tapi diluar ekspektasi juga ia malah banyak tingkah, layar zoom tempat materi yang dibagikan ia coba corat-coret. Aku sudah berusaha mengingatkannya untuk tidak melakukannya tapi lagi-lagi ia melakukannya. Tak cukup disitu, ia mengambil barang-barang milik Bibinya yang ada di meja tempat ia belajar kemudian mengetuk-ngetuknya hingga bersuara, membuat penjelasan Ustadzahnya menjadi samar terdengar. Padahal sudah kuminta untuk duduk mendengarkan dengan tenang dan serius. Lagi-lagi kucoba ingatkan. 

Tibalah giliran mengaji iqro dan kupikir akan setoran hafalan Al Qur'an. Giliran pertama bukan pada dirinya melainkan temannya. Sambil menunggu giliran kucoba ajak Kakak untuk murojaah sebentar hafalannya. Dan betapa kagetnya diriku saat kuminta murojaah ia lupa dengan surat apa yang sedang ia hafal begitupun ayat pertamanya. Ya aku tak memberi tahunya tapi aku coba membuat dia ingat. Tapi sepertinya ia tak kunjung ingat. Aku sudah mencoba bersabar menunggu. Lalu kuputuskan untuk mendengar murojaah Kakak darj surat yang lain, surat apa saja yang ia hafal. 

Kemudian ia mengingat-ingat dan kembali ja berkata "lupa lagi Mi..". 

Ah, disini aku sudah merasa kehilangan kesabaran. Betapa kecewanya diriku mendengar apa-apa yang telah ia hafal bisa lupa begitu saja. Kupikir ini akibat dari screen time televisi yang terlalu lama. Inilah sebabnya aku tak membiarkan ada televisi di rumah. Karena sedikit banyak ia akan menyita memorinya. Membuat ia menjadi kesulitan dalam belajar dalam menghafal bahkan bisa dengan mudah kehilangan hafalannya. Aku begitu kecewa saat itu, aku marah. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong