Langsung ke konten utama

Yeay Hari Ketiga

Mulai dari Senin kemarin, di buncek alhamdulillah kami berada di tahap kepompong. Dimana pada tahap ini kami diharuskan untuk melakukan puasa dan latihan. Latihan selama 30 hari untuk melatih apa yang sudah dilahap ilmunya pada tahap ulat. Adapun puasa yaitu puasa dari hal-hal yang menjadi hambatan proses latihan tersebut. 

Pada pekan pertama ini aku memutuskan untuk puasa scrolling ga jelas, misalnya scrolling SW,IGS,FBS orang lain atau scrolling feed sosmed dan hal-hal lain yang sebenarnya tidak berkepentingan. Karena selama ini kadang hal tersebut sudah menjadi kebiasaan saat waktu luang. Padahal selain bisa membuat waktu habis bahkan sampai menunda pekerjaan, juga bisa membuat kuota cepat habis. Tak hanya itu kadang scrolling yang tak ada kepentingan pun bisa membuat kesehatan mental terganggu hihi. Karena kadang juga ada beberapa story' orang lain yang kita lihat bisa membuat kita kurang bersyukur. Terlalu banyak melihat kehidupan orang lain. Hehe itu sih aku ya. 

Nah, makanya disini aku memilih untuk puasa scrolling ini. Karena selain menurutku ini yang paling mudah juga harapannya bisa lebih produktif lagi dalam menggunakan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat. 

Hari pertama, aku memulai dengan niat yang kuat bismillah semoga berjalan lancar. Pagi sekali aku memulai hari dengan mencoba menerapkan habit senyum 20 detik perhari, dilanjut dengan habit minum 2 gelas pagi hari. Tak kupegang handphoneku sejak subuh sebelum aku menyelesaikan rutinitas harian. 

Baru setelah menyelesaikan tugas di dapur aku membuka handphone. Dan ternyata aku lupa sedang puasa scrolling eh jadi kebablasan melihat SW orang lain. Hehe

Aku berkata pada diriku, tak apa namanya baru memulai wajar kalau masih pembiasaan. 

Dan hal ini terulang sampai malam hingga mungkin kurang lebih ada 4 kali membuka SW orang. Fiuuh. 

Tak apa, segini juga sudah ada progress menurutku dan aku baru merasakan sedikit dampaknya. Yaitu jadi tidak molor-molor dalam mengerjakan tugas. 

Hari kedua aku memulai puasa kembali dengan berniat lebih baik dari hari pertama. Alhamdulillah ternyata sampai malam bahkan keesokan paginya aku berhasil tidak scrolling ga jelas atau scrolling story' teman-teman. Aku senang sekali bisa menyelesaikan puasaku di hari kedua. 

Oh iya, selain aku melakukan puasa scrolling aku pun sambil berlatih menahan marah pada anak-anak. Aku coba latihan sebelum benar-benar berada di hari pertama tantangan nanti. 

Alhamdulillah, sampai dengan hari ini aku ternyata berhasil tidak marah-marah dan membentak anak-anak. Hanya saja masih ada rasa jengkel dan mungkin mengomel ketika ada sesuatu hal yang membuat gemes dan gereget. 

Aku coba menerapkan tekhnik skema sehat ketika marah. Yaitu dengan mengambil jeda, menarik nafas dan mencoba mengambil pesan dari emosi tersebut. Memang tak mudah, berkali-kali aku coba. Yang penting selama 3 hari aku merasa aku tidak berteriak, membentak dan memarahi anak. Kecuali ngomel dan bawel masih belum bisa ditinggalkan. Hehe

Puasa hari ketiga ini lagi-lagi aku kelupaan membuka SW teman tapi cukup sekali saja. Oke, tak apa InsyaaAllah besok aku akan mencoba kembali dan semoga akan lebih baik dari sekarang, bismillah. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong