Langsung ke konten utama

"Tak Peka !"

 Tantangan 15 Hari 

Komunikasi Produktif 

Hari ke 5 


"Tak peka !"


❤️Temuanku hari ini :
Siang ini aku, Maryam dan suamiku pergi ke rumah mamahku berniat menjemput Kakak Qonita yang dari kemarin sore menginap disana.
Rindu rasanya sehari saja rumah ditinggal satu anggota keluarga. Rumah mamahku memang tak begitu jauh dari kontrakan rumah tempatku tinggal, jadi kami biasa bolak-balik dengan mudah kesana. 
Sesampainya di rumah mamah, aku segera menemui Qonita dan ku uyel-uyrl dia, sangat rindu sekali. Aku dan suami membercandai dia karena sehari saja tak tidur bareng membuat kami merasa ada yang hilang hehe.

Menjelang Dzuhur si kecil Maryam seperti biasa dengan rutinitas tidur siangnya sambil menyusui. Tapi tiba-tuba aku merasa ada yang tak enak dengan tubuhku, mulai terasa gatal di beberapa bagian tubuh, kulihat bentol-bentol kecil sampai besar mulai bermunculan bahkan hingga kepala. 
Sudah biasa memang aku seperti ini karena aku punya alergi dingin, suhu d rumah mamahku kebetuan lebih dngin dibandinhkan di kontrakanku. Aku mulai merasa semakin tak nyaman dengan alergiku yang kambuh, merasa gatal di sekujur tubuh sekaligus suhu tubuh mulai mendingin dan bentol-bentol bertambah banyak dan membesar.

Seusai sholat Dzuhur tubuhku semakin menjadi, apalagi saat mengambil air wudhu rasanya seperti air es, entah hanya aku saja yang merasa atau semua orang pun merasa demikian. Yang jelas aku merasa bergidik saat air mengenai tubuh kuku padahal sudah waktunya anak-anak makan siang. 
Badanku menggigil kemudian ku ambil jaket suamiku dan mengenakannya. Ahh, ini aku harus benar-benar menghangatkan diri dahulu agar tak semakin parah, pikirku. Kucoba sampaikan keadaanku pada suami, Alhamdulillah ia mengerti dan mengambil alih untuk mengurus anak-anak mengambilkan makan siangnya. 
Sementara aku beristirahat di kamar adikku sambil berjaket tebal dan menyelimuti diri berharap segera membaik.

Namun, selepas ashar ternyata badanku malah makin terasa tak nyaman. Menggigil dan terasa meriang sementara alergiku juga belum menghilang. 
Akupun berbaring di tempat diman aku sholat, dan memanggil suamiku. 
"Bi, aku jadi gaenak badan gini nih, meriang" kataku setelah suamiku mendekat. 
"Terus gimana atuh kita nginep aja apa mau pulang?" 
Aku diam dan merasa kecewa respon pertamanya malah justru sebuah pertanyaan yang tak aku harapkan, kupikir ia akan tampak khawatir dan meraba keningku misalkan atau bertanya keadaanku lebih detail. 
"Tapi mi, kalau kamu nginep. Nanti gaada yang masak, aku makan gimana?" 

Damn ! Tuh kan responnya malah tambah bikin geregetan, bukannya memperhatikan keadaan ku tapi malah mikir tak akan ada yang masak. Kebetulan memang hari ini tadi pagi aku belum memasak, karena rencana akan masak sore menjelang mmagrib agar saat berbuka puasa masakan masih hangat dan segar. Namun qodarullah wa maa syaa a fa ala tubuh ku malah tak enak seperti ini. 
Tadinya aku seperti biasa akan ngambek dan mendiamkan suamiku, karena responnya yang tak sesuai harapanku. Namun, aku berpikir lagi bukankah dia memang tak pernah peka? Dan aku harusnya sudah paham itu dari dulu. Akhirnya akupun ngomel sedikit sembari menjelaskan bagaimana respon yang kumau darinya sambil bercanda juga. 
Yang aku inginkan ia mengerti kondisiku, menyuruhku istirahat dan mengambil alih tugas memasak nanti saat kami pulang ke kontrakan. Aku menjelaskan dengan bercanda dan sambil tertawa, yang akhirnya doi pun tersadar bahwa respon ia sebelumnya salah dan tak aku harapkan lalu meminta maaf dan memintaku mengulang adegan tadi saat memberi tahu keadaanku dan akan merubah jawaban dan respon dengan yang seperti kuharapkan. Tentu saja itu sambil bercanda, dan akhirnya kamipun tertawa bersama. Ia pun berkata, "yaudah yuk kita pulang, nanti kamu istirahat aja biar aku yang masak. Nanti kamu kasih tau aja caranya yaa.." 
Alhamdulillah kan itu yang kumau dari tadi. Hehe 💕 

❤️ Tantanganku hari ini 
Adalah berdamai dengan diriku, tidak membuat konflik batin dalam diriku sendiri dengan memendam apa yang aku inginkan ketika memang suamiku minim peka. Aku seharusnya lebih bisa mengungkapkan perasaanku dengan kata-kata yang jelas karena pada dasarnya suamiku memang kurang peka dan tak paham kode-kodean. Sementara sebenarnya pada dasarnya aku orang yang tak pandai mengungkapkan sesuatu. 

❤️Point komunikasi produktif hari ini
Kalimat yang jelas, memperhatikan gesture dan intonasi, pemilihan waktu yang tepat dan menyelesaikan masalah dengan tuntas tentunya dengan mengedepankan nalar dibandingkan emosi. Dan saling memahami satu sama lain.

❤️Rencanaku esok hari
insyaaAllah aku akan belajar bagaimana menjadi seorang yang bisa dengan mudah mengungkapkan perasaan dan apa yang diinginkan. Namun semuanya bertahap dan butuh proses. Semoga lebih baik dan lebih baik lagi di kemudian hari, bismillah. 

❤️Bintangku hari ini
Pencapaian ku hari ini memang tidak terlalu baik, karena diawali dengan menggerutu dan Omelan. Tapi good job untuk sebuah keberanian mengungkapkan sesuatu setelahnya dan membuat suasana menjadi cair dan nyaman satu sama lain. Bintang ⭐⭐⭐⭐ untukku dan semoga aku tak cepat puas dengan ini. Alhamdulillah untuk yang telah aku peroleh dan bismillah untuk setelah ini.
 



Fitri Yani Sari
IP Bandung



#harike-5
#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong