Langsung ke konten utama

Kakak dan Adik Tercinta

 Tantangan 15 Hari 

Komunikasi Produktif

Hari ke 15 


Kakak dan adik tercinta 

❤️ Temuanku hari ini 

Ketika aku sedang shalat Dzuhur, tepat di belakangku sepertinya terjadi keributan si kakak dan si adik yang saling berebut sesuatu. 
Si adik menangis dan si kakak menghindar, selesai shalat aku bertanya pada kakaknya, tentu saja karena kakaknya yang bisa aku ajak komunikasi saat ini.
"Kakak ada apa? Berebut apa?" Tanyaku dengan intonasi lunak dan tidak terkesan menginterogasi.
"Ini.." jawab Kakak sembari memperlihatkan sebuah koin 500. Hemm jadi soal ini. Aku sebenarnya bisa saja memintanya agar mereka tak berebut tapi aku tahu bukan itu cara yang benar. 
"Tadi, yang temuin koin itu pertama kali siapa Kak? Kakak atau Maryam?" Tanyaku kemudian. 
"Maryam", jawab Kakak dengan jujur dan polos. 
"Nah, berarti koin itu punya Maryam. Kakak ga boleh ambil paksa. Kalau kakak mau, kakak harus minta izin dulu sama Maryam. Kakak bilang pinjam sama Maryam. " Aku menjelaskan. 
Maryam yang sudah berhenti dari menangis menghampiriku dan memperhatikan kami berkomunikasi, si kakak pun memberikan koin itu kembali pada Maryam. Yang langsung diambil oleh adiknya itu. 
"Dek, kakak boleh pinjam yah boleh ya" ucap si kakak dengan lembut pada adiknya. 
Si adik malah memperhatikan kakaknya itu dan masih menggenggam koinnya. Namun aku tahu Maryam akan dengan mudah memberikannya pada kakaknya. 
"Dedek sayang, kakak pinjam ya " kali ini si kakak sambil mencoba mengambil koin itu di tangan Maryam dan benar saja adiknya lalu memberikannya. 
Dan pemandangan yang luar biasa setelahnya adalah ketika tiba-tiba si kecil Maryam menjulurkan kedua tangannya pada kepala kakaknya yang setengah duduk di hadapannya dan mengusapnya perlahan. 
"Sayang.." yaa , itulah cara Maryam mengucap sayang pada orang yang ia sayangi. Dengan membelai kepalanya dengan tangannya, yang kemudian di balas dengan pelukan kakaknya. 
MasyaaAllah dua beradik yang saling sayang, kakak dan adik tercinta 🌷

❤️ Tantanganku hari ini 
Mengedepankan nalar dibanding emosi, mencoba mengobservasi masalah dan fokus pada solusi. Memberikan afirmasi positif agar tak ada sibling rivalry pada kedua kakak beradik ini. 

❤️Poin Komunikasi Produktif hari ini 
Memahami perasaan anak, fokus pada solusi dan memahami gesture tubuh anak. 

❤️Rencanaku hari esok
insyaaAllah aku harus lebih bersabar ketika kakak beradik ini memang tak selamanya bisa akur, ada kalanya mereka berebut, berantem dan hal lainnya dan aku harus menjadi penengah yang adil. 

❤️Bintangku hari ini
Alhamdulillah bintangku hari ini ⭐⭐⭐⭐⭐. Semoga tak cepat membuatku puas dan justru harus lebih semangat lagi. Bismillah . 



Fitri Yani Sari
IP Bandung

#harike-15
#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong