Langsung ke konten utama

Gereget di Pagi Hari

Tantangan Komunikasi Produktif

Hari ke 3 


"Gereget di Pagi Hari" 


❤️ Temuanku hari ini : 

Seperti biasa setiap hari saat suamiku ada di rumah kami memang suka berbagi tugas pekerjaan rumah. Biasanya suami memilih mencuci baju dan beres-beres rumah dan aku bagian cuci piring, masak dan beres-beres dapur. 
Saat aku ke dapur dan melihat bagian wastafel, huaaaa inginku teriak begitu saja. Kesal iya, karena lagi-lagi doi (suami) melakukan kebiasaan yang aku tak suka. 
Menumpuk sampah sisa makanan atau cangkang makanan, buah-buahan dan tisu di wastafel. Padahal tempat sampah dengan wastafel jaraknya tak sampai 1 meter. Otomatis sampah-sampah bersatu bersama piring dan wadah kotor dan tentu saja saat anggota rumah mencuci tangan di wastafel sampah-sampah tersebut menjadi basah terkena air dan sangat mrmbuat aku tak nyaman karena tak jarang pula sampah-sampaha tersebut membuat saluran wastafel mangpet. 
Padahal doi sering aku beritahu, jangan menaruh sampah di wastafel karena akibatnya bisa membuat mangpet saluran, dan seperti biasa doi cuma iya-iya saja sampai aku bosan mengingatkan. Padahal kalau saluran mangpet doi sendiri yang susah, doi yang harus memperbaiki. Dan pagi ini pun terulang lagi, rasanya ingin mengomel di pagi hari dan memang aku tak bisa diam saja, omelanku pun keluar dengan nada menggerutu. Tapi segera aku sadar bahwa omelanku mungkin tak akan bisa menjadi komunikasi produktif. Baiklah aku coba cooling down dan mencoba berbicara dengan lebih baik. 

"Abi sayang, bisa ga kalau kamu ga buang sampah ke wastafel ? Kan tempat sampah ada disitu ga jauh, terus kalo kamu males buang ke tempat sampah kamu simpen aja disini biar nanti aku yang buang" kataku dengan lembut sambil menahan rasa gereget ingin ngomel panjang sebenarnya. 

"Hehe, maaf Mi. Aku lupa, Baik ummi .." jawabnya dengan terkekeh dengan nada mirip Kakak Qonita kalo sedang aku beri nasihat. Hemm 
"Lagi pula, kalau misalkan wastafel mangpet, siapa coba yang benerin? Kamu kan yaa?.." kataku kemudian dengan lebih santuy. 
Doi pun tersenyum dan kemudian mengiyakan perkataanku. Lalu meminta maaf kembali. 
Hemm, semoga setelah ini memang tak ada lagi geregetan di pagi hari macam ini.

❤️ Tantangan yang kuhadapi hari ini 
Mencoba mengubah Omelan panjang dengan melakukan cooling down. Menahan rasa gereget karena kesalahan suami yang berulang. Sikap suami yang pelupa dan suka mengulang kesalahan membuat tantangan sabar untuk diriku sendiri. 
Memilih diksi yang tepat dan jelas untuk suami supaya tidak terkesan memerintah. 
.
❤️Point komunikasi produktif hari ini
-Kalimat yang jelas dan cermat ketika penyampaian suatu maksud agar bisa diterima dengan baik.
-Memperharikan gesture dan intonasi agar masing-masing bisa lebih santuy dalam berkomunikasi
-Mengedepankan nalar daripada emosi

❤️ Rencanaku hari esok
InsyaaAllah aku akan terus berusaha sabar dan mengedepankan nalar dibanding emosi, mencoba lebih bisa menerapkan cooling down dahulu sebelum memulai omelan dan mengevaluasi apakah komunikasi produktif hari ini berdampak lebih baik atau perlu ada perbaikan kembali. 

❤️ Bintangku hari ini



Perolehan bintangku hari ini adalah bintang 3 ⭐⭐⭐, Alhamdulillah not too bad. Dan bismillah semoga hari esok lebih baik. 

Fitri Yani Sari
IP Bandung

#harike-3
#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong