Langsung ke konten utama

"Aku mau ikut ...!"

Tantangan 15 Hari 

Komunikasi Produktif 

Hari ke 12 

 "Aku mau ikut..." 

❤️ Temuanku hari ini

Hari ini adalah hari terakhir suamiku di rumah periode ini. Sejak kemarin suamiku telah melakukan sounding pada anak-anak bahwa dirimya akan pergi malam ini untuk kembali bekerja dan tentu saja saja jawaban mereka enggan ditinggalkan lagi oleh abinya. Malah mereka semakin lengket dengan dengan terbukti dengan apa-apa yang harus sama abinya. Mandi, makan dan hal lainnya. 
Mereka mengintil abinya kemanapun dan ketika abinya sedang packing barang bawaan untuk dibawa kerja nanti tiba-tiba si kakak berkata 

"Abi aku mau ikut ke kapal ya, mau lihat hiu
Deg ! Mendengar perkataannya aku memang sedikit baper, antara terkejut dengan anak-anak yang bisa sedekat itu dengan abinya dan memang aku merasa terenyuh dan kasihan sebenarnya ketika mereka lagi-lagi harus LDM dengan abinya selama sebulan kedepan.

Anak-anak memang sedang dekat dengan abinya beberapa waktu terakhir ini. Selalu mengikut kemanapun abinya pergi. Dan memang sejak abinya bilang ia akan kembali pergi kerja Qonita memang berkata bahwa ia ingin ikut abinya saja atau abinya tak boleh pergi lagi kerja. 

❤️ Tantanganku hari ini 
Mencoba menjelaskan pada anak-anak bahwa abinya pergi untuk bekerja, mencoba menjelaskan dengan bahasa yang bisa diterima oleh anak-anak. Mencoba memahami perasaan tidak ingin ditinggalkan oleh abinya dan mencoba empati padanya. 

❤️ Poin komunikasi produktif hari ini 
Kalimat yang jelas dan diksi yang tepat yang bisa diterima anak-anak. Mencoba mengalihkan perasaan anak dengan empati padanya. 

❤️ Rencana ku esok hari 
InsyaaAllah aku harus bisa menjelaskan dengan penuh perhatian kepada anakku jika esok mereka bertanya tentang abinya yang sudah pergi untuk bekerja sejak malam ini. 

❤️ Bintangku hari ini 
Aku menghargai diriku sendiri pada komunikasi bersama anak hari ini dengan bintang 5 ⭐⭐⭐⭐⭐. 
Alhamdulillah. 



Fitri Yani Sari
IP Bandung

#harike-12
#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong