Langsung ke konten utama

Video Call, melepas Kangen

Tantangan 15 Hari 

Komunikasi Produktif

Hari ke 14 


Video call, melepas rasa kangen 

❤️ Temuanku hari ini 

Selepas isya, aku dan anak-anak bergegas ke kamar berniat akan tidur lebih cepat. Namun, sebelum tidur aku mencoba membacakan buku pada mereka. 
Sempat ku buka dulu handphone ku yang ternyata ada panggilan video tak terjawab dari neneknya anak-anak atau ibuku dan suamiku. 
Aku pun mencoba bertanya pada Qonita, 

"Ka, mau video call ga sama Nenek ?". 
Qonita menjawab penuh semangat dan berkata 'mau'. Beberapa menit video call berlangsung, namun tiba-tiba wajah Qonita cemberut setelah ia melihat wajah Biya (adikku) dalam vcall nya. Lalu ia enggan melihat layar hp. 
Dan malah seperti yang ngambek. 
"Kak, kamu kenapa?"  Tanyaku. 
"Biya nya nakal.." jawabnya ketus. Padahal aku tahu Biya hanya bertanya Kakak sedang apa dan tak ada tingkah Biya yang menurut ku salah. Akupun menerka sikapnya yang seperti itu mungkin karena kangen dengan Biya-nya itu.
"Kok, nakal sih,. Kaka kangen sama Biya? " 
Ia pun mengangguk, 
"Iya kangen, Biya nya suruh sini" katanya. Hemm sudah kuduga. Biya dan nenek yang juga ikut mendengar lewat vcall pun memberi alasan bahwa Biya tak bisa menemui Qonita karena harus bekerja. 
Qonita pun seperti tak mau terima alasan dan mulai cemberut lagi. Apalagi saat neneknya bilang bahwa vcall nya harus diakhiri dahulu, ia malah tambah ngambek dan melarang neneknya menutup vcall nya. 

Akupun menjelaskan bahwa setelah vcall ini kita akan coba vcall dengan Abi, barulah ia sumringah kembali dan menutup vcall nenek ingin segera bertatap muka dengan abinya. 
Vcall tersambung dan seketika kedua anakku sumringah, si kecil seperti biasa jika melihat abinya berteriak semangat 
"Abii.. abii... Abiii". 
Si Kakak ia hanya tersipu malu-malu namun wajahnya nampak senang bukan main, masyaaAllah begini ternyata pemandangan seorang anak yang sedang melepas kangen dengan Abi nya. 

❤️ Tantanganku hari ini
Adalah berusaha memahami perasaan anak dengan tidak menjudge mereka dan menyudutkan mereka. Membiarkan mereka mengalirkan rasanya dengan caranya sendiri. 

❤️ Poin komunikasi produktif hari ini 
Mengalihkan perasaan dengan empati, berkomunikasi dengan memperhatikan intonasi dan gesture. Memahami bahasa tubuh anak-anak. 

❤️ Rencanaku esok hari 
insyaaAllah aku harus lebih bisa memahami perasaan dan gesture tubuh anak-anak. Mencoba berempati padanya dengan membiarkan nya mengalirkan perasaannya dengan caranya sendiri. 
Berusaha sebisa mungkin untuk memberi waktu video call atau telepon minimal kepada Abi dan neneknya agar rasa kangennya bisa terobati sedikit. 

❤️Bintangku hari ini
Alhamdulillah bintangku hari ini ⭐⭐⭐⭐⭐, semoga dengan ini aku tidak cepat merasa puas dan justru harus lebih baik lagi, bismillah. 




Fitri Yani Sari
IP Bandung

#harike-14
#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong