Langsung ke konten utama

Bermain Pompom

Zona 3

Ceedas Emosi dan Spiritual

Hari ke 13

Bermain Pompom



Hari ini hari pertama kami tak bersama Abi lagi. Di rumah hanya kami bertiga. Dan hari ini aku pun kembali mulai mencoba mendisiplinkan anak-anak dengan rulesku. 
Misalnya, saat setelah makan diarahkan untuk membereskan bekas makan sendiri dan mencuci piring sendiri. Dan setelah selesai semuanya pun ku biarkan Kakak pilih kegiatan sendiri. Dan si Kakak pun tiba-tiba memilih kegiatan mewarnai dahulu. Baru setelahnya aku yang memilihkan kegiatan untuknya, yaitu bermain Pompom.

❤️ Planner & Pimpinan Project: Ummi
❤️ Penanggung Jawab : Ummi 
❤️ Pelaksana : Kakak Qonita
❤️ Teman Belajar : Maryam 

📆 Hari : Selasa, 10 November 2020
⏲️ Pukul : Selepa Ashar 

📕Logistik 
√ Gambar 
√ Crayon 
√ Pensil Warna 
√ Meja belajar 
√ Pompom
√ Pinset 
√ Buku 
√ Pensil 

🌸Aktual dan Kendala 

Kegiatan yang Kaka pilih adalah mewarnai berbagai macam gambar yang memang sudah ada stok di rumah. Ia mewarnai gambar ayam, anak ayam, ice cream, permen dan terakhir mewarnai burger. Alhamdulillah ia terlihat bersemangat mewarnai menggunakan Crayon awalnya, si kecil Maryam pun turut serta di dalamnya. 
Namun ketika kulihat ia kesulitan untuk rapi pada bagian-bagian yang kecil kutawari mewarnai menggunakan alat tulis pensil warna. Ia pun menyetujuinya dan mulai menggunakan pensil warna, namun tampaknya tak terlihat bersemangat, "lama Ummi" seru nya saat gambar hnag ia warnai tak kunjung selesai. Ya, memang lebih lama mewarnai menggunakan pensil warna dibandingkan dengan crayon namun hasilnya bisa lebih rapi. Kubujuk ia agar bersabar dan kembali melanjutkan meski sebenarnya ia sudah terlihat tak bersemangat. 

Selepas Ashar kucoba mengajak anak-anak kembali bermain dan belajar. Kali ini dengan media pompom sebagai alat bantu. Awalnya aku mengarahkan mereka untuk memindahkan Pompom sesuai warnanya dari suatu wadah ke tempat lain menggunakan pinset. Meski terlihat masih kaku Alhamdulillah si Kaka bisa melakukannya. Si kecil Maryam pun turut serta namun dibantu olehku karena beljm bisa menggunakan pinset. 
Setelah nya akupun mengajaknya bermain menyusun pola warna pada ulat. Meski tampak bingung ia pun akhirnya berhasil melaksanakan Tantanganku. Dan terakhir ku coba bermain lagi dengan Pompom kali ini membuat nya berpikir, dan bekerja lebih keras karena tantangannya adalah membuat bangun datar dengan menyusun Pompom. Aku menggambar berbagai jenis bangun datar sederhana yang di pada sisi-sisinya sudah kuberi tanda untuk meletakkan Pompom. 

Dengan mengulang kembali ingatannya tentang berbagai jenis bangun datar, akupun melatih keterampilan nya menyusun Pompom sesuai tanda untuk membentuk bangun datar. Ia pun melakukannya dengan semangat, awalnya menggunakan tangan untuk menaruh Pompom namun ketika kulihat ia kesulitan menaruh Pompom tanpa mengganggu pompom lahan yang berada di dekatnya ku coba arahkan agar ia menggunakan pinset. Alhamdulillah meski sedikit kesulitan proses belajar kali ini berjalan dengan lancar sampai dengan selesai.

🌸Refleksi 
  1. Membuat anak memilih kegiatan sendiri biasanya akan membuat mereka lebih bersemangat 
  2. Bermain sekaligus belajar dengan media tertentu membantu anak melatih keterampilan nya dan mengasah kemampuan sensory play mereka 
  3. Melatih kesabaran ketika mencoba melaksanakan tantangan yang kubuat  
🌸Capaian keberhasilan 
Alhamdulillah keberhasilannya hari ini adalah 90% ...




#harike13
#tantangan15hari
#zona3cerdasemosidanspiritual
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia
#familyproject
#sahabatterbaik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong