Langsung ke konten utama

Membuat Klepon

Zona 4 

Gaya Belajar & Stimulasi Kreativitas

Hari ke 3 

Membuat Klepon 



☘️Aktivitas Hari Ini 
Cooking time : Membuat Klepon

☘️Proses kreativitas
Membentuk dan mengisi klepon dengan gula merah

☘️Tujuan Belajar
• IC (Intelectual Curiosity)
Anak belajar bagaimana caranya membentuk klepon agar bisa berbentuk seperti bola dan bagaimana caranya memasukkan isian ke dalamnya 

• CI (Creative Imagination)
Membuat bentuk klepon berukuran bulatan kecil dengan isian gula merah yang sesuai dengan ukuran klepon nya

• AD (Art of Discovery & Invention)
Mencelupkan (merebus) klepon buatannya sendiri ke dalam air mendidih dan mencoba mengangkat klepon-klepon yang sudah mengambang (pertanda klepon matang) untuk kemudian dicicipi olehnya

• NA (Noble Attitude)
Mengawali kegiatan dengan Bismillah dan mengakhirinya dengan Alhamdulillah. 


☘️ Refleksi
Alhamdulillah proses pembuatan klepon ini berjalan dengan baik. Anak antusias melakukan step by step pembuatannya dan terlihat penasaran, ingin bisa membuatnya sendiri tanpa bantuan. Meskipun ada beberapa kali yang ia lupa tidak mengisi gula merah ke dalam klepon buatannya tapi ia segera mengoreksi kesalahannya dengan mengisinya kembali. 
Dan setelah membuat beberapa buah klepon ia pun tiba-tiba ingin berhenti karena adiknya mendekatinya dengan membawa berbagai cemilan dari Abahnya. Ia pun meminta izin untuk menyudahi proses pembuatannya dan segera menghampiri adiknya ingin turut serta nyemil bersama. 
Akan tetapi setelah itu ia pun kembali menghampiriku saat proses perebusan klepon, mencoba mencelupkan sendiri dan mengangkat klepon yang sudah matang hingga ia bisa mencicipi sendiri klepon buatannya. Alhamdulillah. 

#harike3
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong