Langsung ke konten utama

Scissor Skills

Zona 4 

Gaya Belajar & Stimulasi Kreativitas

Hari ke 2 

Scissor Skills



Hari ke 2 ini kami masih menginap di rumah Nenek, jadi kami mencoba belajar dengan alat-alat sederhana yang ada disini. Dan inilah kegiatan kami. 

☘️Aktivitas Hari Ini :
Scissor Skills 

☘️Proses kreativitas
Menggunting pola pada kertas

☘️Tujuan Belajar
• IC (Intelectual Curiosity)
Bagaimana melatih kordinasi tangan dan mata agar dapat menggunting sesuai pola dan apa yang terjadi setelah pola digunting. 
Mengenal nama-nama polanya (garis lurus, zig-zag dan gelombang)

• CI (Creative Imagination)
Memilih urutan pola yang akan digunting sesuai keinginan dan membiarkannya menggunting dari arah yang ia sukai 

• AD (Art of Discovery & Invention)
Menamai kertas yang sudah digunting sesuai pola dengan imaginasinya sendiri seperti kertas hasil potongan zig-zag dinamai rumput. Lalu menggunakan kertas-kertas hasil potongan untuk bermain bersama adik.

• NA (Noble Attitude)
Mengawali kegiatan dengan Bismillah dan mengakhirinya dengan Alhamdulillah. Mengajak bersyukur atas nikmat Allah berupa tangan yang bisa mengerjakan berbagai hal termasuk kegiatan scissor Skills ini. Mencoba menyebutkan kegiatan apa saja yang dilakukan dengan tangan kanan dan apa saja yang dilakukan oleh tangan kiri. 


☘️ Refleksi
Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar. Ia memang tertarik dengan gunting namun dan kali ini aku mengajaknya belajar menggunting sesuai pola. Awalnya kukira dia tak akan excited ternyata Alhamdulillah ia mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir dengan semangat. Pola garis lurus ia pilih pertama kali dan lancar meski belum sepenuhnya tapi, dan 2 pola setelahnya ia lakukan dengan penuh kehati-hatian dan sedikit terlihat kesulitan namun ia bisa menyelesaikannya. Dengan perasaan senang dan bangga ia pun membawa hasil guntingannya kepada Neneknya. "Nenek, lihat aku belajar menggunting !", serunya saat usai belajar. 
Tak lupa di akhir aku memberikan dialog iman tentang siapa yang menciptakan tangan sehingga bisa berkegiatan seperti menggunting dan lain-lain. Dan pentingnya bersyukur atas semua nikmat yang Allah berikan. 

#harike2
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lima Tahun yang Lalu

Tepat 5 tahun yang lalu di tanggal yang sama.  Sejak subuh aku sudah terbangun dan lagi-lagi meringis. Merasakan menit demi menit apa yang dinamakan orang-orang dengan gelombang cinta menanti sang buah hati terlahir ke dunia.  Seperti sudah menjadi kebiasaanku setiap bangun tidur maka aku harus segera mandi, tak bisa dinanti-nanti. Aku berjalan dengan perlahan menuju kamar mandi berniat mandj dan wudhu untuk shalat.  Jalanku sudah macam kura-kura berjalan saja, dengan berpegangan tangan ke tembok atau apa saja yang kulalui dekat denganku.  Kulihat Mamahku sudah sibuk di dapur.  Berapa terkejutnya aku saat memulai mandi tapi sudah ada bercak merah darah segar keluar disertai dengan rasa mulas melilit.  Aku spontan berteriak memanggil Mamahku. Tentu saja dengan bahasa isyarat.  Karena hiper Saliva ku yang tak kunjung membaik malah semakin menjadi di trimester akhir. Ditambah dengan long day sickness kunamai demikian karena setiap aku ke kamar mandi pasti...

Hari 1 #Kepompong

Untuk menjadi seekor kupu-kupu yang cantik tentu saja ada tahapan metamorfosis. Dari yang awalnya sebagai telur, ulat, kepompong dan jadilah kupu-kupu.  Di tahap telur aku diajak untuk lebih menyelami diri sendiri. Melihat potensi dan menemukan apa yang menjadi bahagiaku. Di tahap ulat, berbagai makanan dilahap agar tetap menjadi seekor ulat yang sehat dan lincah. Makanan yang dilahap tak sembarangan, harus bergizi dan tentunya sesuai dengan kesukaan.  Tibalah di tahap kepompong. Disini aku diajak untuk lebih percaya kepada diri sendiri. Berusaha dengan sungguh-sungguh melakukan yang terbaik, berproses waktu demi waktu menumbuhkan ,melatih berbagai kekuatan, kemampuan agar kelak sudah siap ketika menjadi seekor kupu-kupu.  Dari beberapa hal yang telah dilahap, dipelajari di tahap ulat aku memilih satu hal yang akan dilatih selama tahap kepompong. Setelah mempertimbangkan strong why dan idikator apa yang akan dicapai akhirnya aku memilih latihan "tidak mudah memarahi anak"...

Sahabat

Sahabat, Kadang aku terenyuh dengan kata sahabat, bukan karena aku miliki banyak sahabat atau aku punya sahabat yang begitu istimewa. Namun aku terenyuh dengan kata sahabat karena berbagai pengalaman yang aku temui dengan sosok bersama sahabat. Betapa tidak, banyak hal yang aku alami dengan banyak sahabat yang berbeda pula. Dari mulai aku beranjak di sekolah dasar hingga saat ini. Dengan berbagai cerita yang tak hentinya menuai pengalaman menarik untuk diingat bahkan menarik pula untuk segera dilupakan. Saat ini aku mengenal seseorang, tak perlu lah aku katakan siapa dia. Entah bisa aku bilang dia sahabat, teman, atau mungkin rekan kerja. Sebutan yang sebetulnya tak perlu pula aku pikirkan. Yang ku tahu bahwa kita berteman, itu saja. Uniknya, ini adalah pengalaman baruku bertemu dengan seorang teman yang “berbeda” denganku. Banyak hal yang berbeda diantara kita, bahkan urusan keyakinan. Tapi banyak pula kesamaan pandangan global bahkan untuk hal yang detail yang sebetuln...