Langsung ke konten utama

Scissor Skills

Zona 4 

Gaya Belajar & Stimulasi Kreativitas

Hari ke 2 

Scissor Skills



Hari ke 2 ini kami masih menginap di rumah Nenek, jadi kami mencoba belajar dengan alat-alat sederhana yang ada disini. Dan inilah kegiatan kami. 

☘️Aktivitas Hari Ini :
Scissor Skills 

☘️Proses kreativitas
Menggunting pola pada kertas

☘️Tujuan Belajar
• IC (Intelectual Curiosity)
Bagaimana melatih kordinasi tangan dan mata agar dapat menggunting sesuai pola dan apa yang terjadi setelah pola digunting. 
Mengenal nama-nama polanya (garis lurus, zig-zag dan gelombang)

• CI (Creative Imagination)
Memilih urutan pola yang akan digunting sesuai keinginan dan membiarkannya menggunting dari arah yang ia sukai 

• AD (Art of Discovery & Invention)
Menamai kertas yang sudah digunting sesuai pola dengan imaginasinya sendiri seperti kertas hasil potongan zig-zag dinamai rumput. Lalu menggunakan kertas-kertas hasil potongan untuk bermain bersama adik.

• NA (Noble Attitude)
Mengawali kegiatan dengan Bismillah dan mengakhirinya dengan Alhamdulillah. Mengajak bersyukur atas nikmat Allah berupa tangan yang bisa mengerjakan berbagai hal termasuk kegiatan scissor Skills ini. Mencoba menyebutkan kegiatan apa saja yang dilakukan dengan tangan kanan dan apa saja yang dilakukan oleh tangan kiri. 


☘️ Refleksi
Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar. Ia memang tertarik dengan gunting namun dan kali ini aku mengajaknya belajar menggunting sesuai pola. Awalnya kukira dia tak akan excited ternyata Alhamdulillah ia mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir dengan semangat. Pola garis lurus ia pilih pertama kali dan lancar meski belum sepenuhnya tapi, dan 2 pola setelahnya ia lakukan dengan penuh kehati-hatian dan sedikit terlihat kesulitan namun ia bisa menyelesaikannya. Dengan perasaan senang dan bangga ia pun membawa hasil guntingannya kepada Neneknya. "Nenek, lihat aku belajar menggunting !", serunya saat usai belajar. 
Tak lupa di akhir aku memberikan dialog iman tentang siapa yang menciptakan tangan sehingga bisa berkegiatan seperti menggunting dan lain-lain. Dan pentingnya bersyukur atas semua nikmat yang Allah berikan. 

#harike2
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong