Langsung ke konten utama

Belajar Menulis

 Zona 3 

Cerdas Emosi dan Spiritual 

Hari ke 5 

Belajar Menulis


🌸Rencana 

Alhamdulillah hari ini kami pulang ke rumah setelah 2 hari mengunjungi Nenek. 
Meskipun memang tidak terlalu jauh dan memakanwaktu, tetap saja perjalanan dari rumah Nenek kembali ke rumah membuat badan rasanya lelah, sehingga siang hari hingga sore kami habiskan waktu untuk beristirahat. Dan baru memulai Project selepas isya. Awalnya aku berencana melakukan read aloud dengan membiarkan anak-anak memilih bukunya sendiri sebelum tidur. Namun saat kuminta memilih buku di lemari buku, Kaka Qonita malah mengambil buku latihan menulis bukan buku bacaan. Jadilah kami berubah haluan dari fampro membaca buku bersama menjadi belajar menulis. 

❤️ Planner : Kaka Qonita
❤️ Pelaksana : Kaka Qonita 
❤️ Teman Belajar : Ummi & Maryam 

📆 Hari : Senin, 02 November 2020
⏲️ Pukul : Selepas Isya
🌄 Tempat : di Kamar tidur 

📕Perlengkapan 
√ Meja Belajar 
√ Buku wipe & clean
√ Spidol 

🌸Aktual & Kendala 



Karena yang memilih rencana Kaka Qonita sendiri, maka ia tentu saja antusias dan bersemangat melakukan proses belajar kali ini. Awalnya situasi kondusif, dimulai dengan bismillah  ia mulai belajar menulis dengan menghubungkan titik-titik yang ada di buku, mencoba memuat huruf A kecil. Ekspektasi ku tak banyak sebenarnya, ia bisa belajar memegang alat tulis (spidol) dengan benar dan nyaman pun itu sudah hal yang baik untuknya. Sementara itu , huruf yang berhasil ia tulis dengan tangannya adalah bonus pencapaiannya. Alhamdulillah lancar di huruf A namun tiba-tiba si kecil Maryam pun ingin turut serta menulis dengan Kaka nya. Ia mencoba merebut spidol dan buku Kaka nya. 
Dan terjadilah keributan antara Kaka beradik yang memperebutkan buku dan alat tulisnya. 
Ku coba mengalihkan Maryam dengan buku lain namun ia enggan, dan berujung menangis. Dan beruntung masih ada stok spidol wipe & clean di lemari, segera kuminta Abinya mengambilkan sementara aku mencoba menenangkan Maryam dan memintanya menunggu Abinya mengambilkan spidol dan buku untuknya. 
Alhamdulillah, Maryam pun teralihkan dengan spidol dan bukunya sendiri. Namun situasi sudah tidak kondusif lagi untuk belajar, si Kaka juga jadi lebih tertarik ke spidol yang Maryam pakai. Karena warnanya memang berbeda, yang Maryam berwarna hitam dan masih ada penghapusnya sementara yang Kaka berwarna biru dan sudah hilang penghapusnya. 
Beberapa saat kucoba kembali mengambil fokus belajar Kaka Qonita dengan bercerita bahwa akupun dahulu sama, pernah belajar menulis huruf-huruf seperti yang ia lakukan sekarang. Ia mendengarkan dan terlihat bersemangat menyimak. Lalu kucoba alihkan lagi agar ia kembali belajar memegang spidol namun kali ini dengan bantuan alat bantu menulis yang di pasang di bagian bawah spidol. Akan tetapi tetap saja si Kaka sudah kehilangan fokus dan malah main-main. Seharusnya memang ia belajar menulis huruf B kecil dengan menyambungkan titik-titik yang ada tapi ia memilih huruf C kecil dahulu. Dan aku pun membiarkannya memilih mana saja yang ia mau coba belajar tulis. Sampai pada akhirnya ku tanya kembali. 
"Kaka, udahan belajarnya? " 
"Iya Mi, udahan aja." Aku pun memintanya mengucap Hamdallah dan membereskan buku-bukunya alat tulisnya. 
Baiklah, Alhamdulillah done hari ini meskipun banyak drama tapi tak apa kami pun mengapresiasi proses belajar mereka. 

🌸 Refleksi 
  1. Memilih kegiatan yang anak pilih sendiri akan membuatnya lebih antusias dan bersemangat
  2. Pentingnya mengkondisikan situasi dan keadaan agar lebih kondusif ketika proses belajar 
  3. Mencoba mempersiapkan perlengkapan yang sama antara Kakak-adik agar tak terjadi keributan berebut saat proses belajar 
  4. Pentingnya apresiasi sekecil apapun atas usaha anak dalam proses belajarnya agar ia terus termotivasi belajar

🌸 Capaian Keberhasilan
Alhamdulillah pencapaian keberhasilan fampro hari ini adalah 80% , semoga besok bisa lebih baik lagi.




#harike5
#tantangan15hari
#zona3cerdasemosidanspiritual
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia
#familyproject

#sahabatterbaik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong