Langsung ke konten utama

Cinta?



Cinta, ah yaa berbicara tentang cinta banyak sekali berbagai pandangan dan pemahaman di dunia ini tentang cinta. Tapi mungkin justru karena itulah bicara tentang cinta selalu menjadi bahan yang menarik, bukan hanya karena cinta itu sendiri menarik namun karena berbagai pemahaman terkadang membuat cinta belum bisa dipahami secara utuh, bahkan aku sendiri pun mungkin belum paham bagaimana cinta itu. Cinta masih jadi bahan perbincangan bagi orang-orang yang belum mengetahui dengan pasti maknanya, atau mungkin bahan perbincangan juga bagi orang-orang yang ingin lebih mendalami cinta itu sendiri, dan salah satu orangnya adalah aku sendiri.

Ketertarikan untuk lebih memahami cinta ini aku coba gali dari sebuah buku karya penulis hebat Ibnu Qayyim Al Jauziyah, yang berjudul” Taman Orang Jatuh Cinta”. Menarik, ya buku ini menarik bagi orang-orang yang ingin lebih berlayar mendalami semua tentang cinta. Salah satunya adalah tentang istilah-istilah cinta.

Menurut sang penulis dalam bukunya “Taman Orang Jatuh Cinta”, manusia menggunakan sekitar enam puluh istilah untuk mengungkapkan satu kata, cinta. Cukup banyak bukan? Dan disini akan coba diutarakan sebagian dari sekian puluh istilah tentang cinta. Ready for this ? Baik, kita coba share sedikit tulisan beliau disini, istilah-istilah cinta diantaranya : 

1.       Mahabbah (cinta)*

Ada suatu pendapat bahwa al-mahabbah diambil dari kata al-habbab artinya busa air yang meluap setelah turunnya hujan. Kata mahabbah digunakan untuk menyebut istilah cinta karena menggambarkan luapan hati dan gejolaknya ketika ia ingin bertemu dengan kekasihnya. Ada juga yang mengatakan terambil dari kata Habbatul Qalbi (lubuk hati), karena rasa cinta (mahabbah) akan sampai kepada kedalaman hati, yaitu lubuk hati yang paling dalam. Dan masih banyak lagi pendapat-pendapat lain mengenai makna cinta ini.

2.       Al- ‘Alaqah (hubungan cinta)*

Bisa juga dibaca al-‘aliqu artinya mencintai dengan segenap hati. Istilah ini dipergunakan untuk cinta karena hati selalu ingin berhubungan dengan yang dicintainya

3.       Al-Hawa (hasrat, keinginan kerinduan)*

Al-Hawa artinya kecenderungan jiwa terhadap sesuatu. Dinamakan al-Hawa (nafsu atau hasrat) karena sang pecinta menjadi pemilik nafsu dan hasrat tersebut. Ada juga kata hawa yang dipergunakan untuk menyebutkan cinta yang terpuji, tetapi keadaan tertentu dan terbatas. Seperti pada sabda Rasulullah Saw. :” Tidak sempurna iman salah seorang dari kalian sehingga hasratnya mengikuti apa (wahyu) yang aku bawa.”

4.       Ash-Shibabah (kerinduan)*

Dalam kitab ash-Shahah disebutkan bahwa ash-Shibabah artinya lembut dan hangatnya kerinduan.

5.       At-Tatayyum (penghambaan)*

Mengandung arti penghambaan. Maka dalam kata taimullah artinya hamba Allah. Tayammahul Hubbu artinya diperbudak cinta.

6.       AL-Khilabah (perdaya cinta)*

Al-Khilabah artinya adalah cinta yang menipu, yaitu perasaan cinta yang sampai ke bagian bawah dari hati, kedalamannya. Cinta disebut dengan istilah ini karena cinta bisa memperdaya orang yang dimabuk oleh cinta.

7.       Al- Ghamarat (cinta yang melalaikan)*

Al-Ghamarat merupakan bentuk jamak dari kata al-Ghamrah, yaitu yang menjadikan hati linglung dan bingung karena cinta, bisa juga mabuk dan lalai.

8.       Asy-Syajnu (kebutuhan)*

Artinya membutuhkan dalam keadaan apapun. Kebutuhan sang pecinta kepada kekasihnya melebihi segala sesuatu.

Mungkin itulah sebagian istiah-istilah cinta yang ditulis oleh Ibnu Qayyim Al Jauziyah dalam bukunya. Karena masih banyak lagi sebenarnya istilah-istilah cinta yang lain dalam bukunya. Namun yang perlu digaris bawahi dan dicetak tebal disini adalah dari berbagai istilah cinta yang tentunya dengan berbagai macam pengertian cinta. Cinta yang hakiki adalah cinta yang pada awal dan ujungnya adalah cinta karena Allah. Cinta selalu berhubungan dengan hati, dan akhirnya bisa diwujudkan dalam bentuk lisan dan perbuatan, seperti itulah cinta dalam pengertian mahabbah yang pada akhirnya bisa melahirkan al-alaqoh dan ash-shibabah yang pada akhirnya berujung pada At-tatayum. Demikian itu adalah cinta yang tentunya tak salah arah, cinta yang kita tujukan pada Sang Maha Cinta. Dan kalaupun cinta itu pada makhluk atau sesuatu yang lain adalah tetap pada akhirnya itu hanya karena Allah, dan tidak melalaikan apa yang Allah perintahkan dan begitu juga larangan-Nya. Mengapa demikian? Karena kita menginginkan cinta yang diridhoi oleh-Nya , cinta yang tak dimurkai oleh-Nya dan itu berarti segala sesuatu pun harus karena-Nya. Dalam sumber lain disebutkan bahwa derajat cinta yang paling tinggi dalam tingkatan cinta dalam islam adalah At-Tatayumm Allah, menghamba kepada Allah. wallahualam bi showab .



*Diambil dari karya terbaik dari seorang penulis hebat Ibnu Qayyim Al Jauziyah. Masih penasaran ? Baca bukunya ya :) (Taman Orang Jatuh Cinta, Tamasya Orang yang Terbakar Rindu)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong