Langsung ke konten utama

Super Qoziya

 



Kali ini DIY yang dibuat tema nya random. Kebetulan ada challenge edisi majalah wanoja. Jadilah super Qoziya ini. Kenapa dinamakan Super Qoziya karena mainan ini dibuat untuk dua anak super, Qonita dan Ghaziya. 


Qonita (4y10m)
Ghaziya (2y6m)


🎐 Judul Bebikinan :
Games Super Qoziya

🔧 Alat dan Bahan :
1. Kardus bekas
2. Kertas HVS
3  Alat mewarnai
4  Alat tulis
5. Dua buah sumpit
6 Solatif bening kecil
7. Dua buah tutup botol
8. Lem 
9.  Isi pulpen bekas
10. Kertas warna
11. Gunting atau cutter
12. Double tape


*✂️ Cara Membuat :*
1. Siapkan satu lembar HVS, ukur lebar 8cm x panjang HVS, gunting dan buatlah 1 buah lagi dengan ukuran yang sama. Sisa HVS dibuat orang-orangan sebagai pemain nantinya berukuran kecil. Warnai. 
2. Satukan kedua buah potongan HVS dengan posisi memanjang 
3. Gambar pada sepanjang HVS tadi dengan gambar pohon, awan, rintangan, bintang dll sesuka hati sebagai track permainan nantinya. Warnai
4. Rekatkan ujung sisi HVS pada sebuah sumpit, begitu pula dengan ujung sisi lainnya pada sumpit yang lain.
5. Gulung kertas mengelilingi sumpit dari ujung sisi kiri kertas sampai habis atau bertemu dengan ujung sisi lainnya
6. Buatlah persegi panjang dari kardus bekas, kira-kira ukurannya 3cm * 12cm sebanyak 2 buah. Potong bagian tengahnya menjorok ke dalam kira-kira seukuran 1.5cm*4cm. Lubangi pada kedua ujung sisinya. Lakukan pada kedua kardus tersebut. Lalu masukkan ujung sumpit ke masing-masing lubang. Selanjutnya ini akan menjadi layar permainan. 
7. Lubangi kedua tutup botol pada bagian tengahnya, lalu masukan kedua ujung sumpit bagian bawah selanjutnya ini akan menjadi alat kendali permainan ke kiri dan ke kanan
8. Buatlah dua buah lingkaran seukuran tutup botol dari kardus bekas, buat pula 1 lingkaran yang lebih kecil dari keduanya. Jadi jumlah keseluruhannya 3 buah lingkaran. Lubangi di semua tengahnya.
9.  Potong isi pulpen bekas dengan panjang kira-kira 3-4 cm, lalu masukkan lingkaran tadi dengan susunan lingkaran yang kecil di tengah. Selanjutnya ini akan menjadi alat kendali permainan ke atas dan ke bawah
10. Buatlah persegi panjang kira-kira seukuran 3*4 sebanyak dua buah. Lubangi pada bagian atasnya lalu masukkan ke kedua sisi kumpulan lingkaran tadi. Fungsinya sebagai penahan lingkaran tadi. 
11.  Siapkan kardus bekas ukuran 14cm*21cm. Rekatkan dengan lem kedua buah penahan layar tadi dan juga penahan alat kendali atas bawah. Ini sebagai alas permainan 
12.   Buat juga persegi panjang kira-kira ukuran 3cm*4cm kemudian potong menjorok ke bawah dari atas bagian tengahnya berbentuk persegi seukuran 1.5 cm*1.5cm sebanyak 2 buah lalu di bagian yang menjorok tadi diberi isi pulpen bekas kira-kira sepanjang 2cm, lem kedua kardusnya hingga menyatu dengan isi pulpen di tengahnya. Rekatkan pada alas permainan di bagian tengah atas layar (diatas penahan layar permainan). Ini sebagai tempat untuk melilitkan tali solatif 
13. Siapkan solatif bening kecil, rekatkan ujungnya di meja agar ia diam dan bentangkan kira-kira seukuran 30cm lalu potong dan lipat ke bagian yang ada perekatnya sehingga ukurannya setengah dari ukuran sebenarnya. Ini akan menjadi tali kendali tempat pemain nantinya.
14.  Masukan solatif tadi dari bagian bawah lingkaran kendali melewati penahan layar bawah, melewati bawah layar, lalu masuk ke bagian bawah yang sudah dibuat di point 12. Dan kembali ke atas melewati peemukaan layar dan kembali ke atas lingkaran tadi, ikat mati. 
15. Rekatkan orang-orangan yang sudah dibuat dengan double tape di tengah layar pada tali solatif.
16.  Percantik tampilan dengan menutup bagian atasnya menggunakan kardus bekas dilapisi kertas warna. Beri tulisan petunjuk arahnya ya.
17.  Siap dimainkan !


*🕹 Cara Bermain :*
1. Ajak anak berdoa dan membaca basmallah sebelum memulai
2. Jelaskan sederhana cara bermainnya dan anak mendengarkan
3. Mulai dengan narasi, bahwa ada seorang anak ingin pergi ke rumahnya, dalam perjalanan ada banyak rintangan lalu ia harus melewatinya kadang dengan melompat ke atas, melompat ke bawah atau berjalan lurus. 
4. Jelaskan fungsi dari alat kendali masing-masing 
5. Minta anak mencobanya

*🍭 Manfaat aktivitas (berdasarkan checklist indikator) :*

1. Melakukan 2-3 perintah sederhana
2. Kordinasi tangan dan mata
3. Mengenal konsep atas bawah, maju mundur, kanan kiri, naik turun
4. Melatih konsentrasi
5. Melatih kesabaran








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong