Langsung ke konten utama
Tugas Mini Project Kampung Komunitas #Batch8

Bismillah, tugas mini project kali ini sebenarnya sempat terpikir dengan berbagai ide, namun tiba-tiba di malam senin yang syahdu sembari menatap wajah anak-anak tertidur ada yang menyeruak dan membuncah dalam dada. Rasanya hening namun ramai dalam jiwa, berbagai penyesalan muncul kenapa belum bisa menjadi sosok ibu yang baik ? Kenapa belum bisa menjadi sosok ibu yang penyabar ? Kenapa belum bisa jadi panutan untuk wajah-wajah mungil mereka ? Ah , yaa semakin diingat semakin membuncah rasa penyesalan dan bersalahku saat belum bisa menjalankan peran madrasatul ulaa yang sebaik-baiknya.

Bismillah, dengan memulai tekad untuk diri sendiri aku akan memulai mini project untuk diriku sendiri.

"Aku berniat, aku berusaha dan aku bisa ! "

Dalam mini project ini sesuai tekad dalam judul project ada beberapa hal yang ingin aku capai dan tentunya ada project yang aku mulai disini. Dan yang lebih ditekankan pada awal dari semuanya adalah menguasai diri sendiri, membuat hari-hari dari waktu ke waktu bersama anak-anak lebih menyenangkan dengan target utama nya tidak ada marah, kesal, dan badmood dari pribadi saya sendiri. 

Tekhnik menguasai diri sendiri dari rasa badmood, kesal, marah dan hal-hal buruk lainnya akan aku coba dimulai dari 7 hari pertama.


Dalam 7 hari pertama ini target adalah setiap hari tidak ada adegan marah-marah dan ngomel-ngomel atau kata-kata negatif kepada anak-anak atau siapapun seisi rumah (karena lagi LDM jadi yaa seisi rumah hanya aku dan anak-anak). 


Setiap ada sesuatu yang memicu marah dan ngomel-ngomel disiasati dengan diam, istigfar dan minimal murojaah hafalan 1 surat atau dzikir minimal 10 kali. Surat Al Quran apapun dan dzikir apapun. Yang diharapkan dengan ada sanksi atau lebih tepatnya pengalihan rasa marah dan aura negatif menjadi sesuatu yang positif. Karena sampai dengan saat ini aku masih belum bisa konsisten menjalankannya, maka mudah-mudahan mini project ini bisa dijalankan dan konsisten untuk diri sendiri yang insyaaAllah akan berdampak untuk banyak hal.  


Setiap berhasil dalam satu hari tidak ada adegan marah-marah dan sifat negatif lainnya berarti aku berhasil dan boleh melanjutkan ke hari berikutnya. Jika tidak berhasil maka mengulang lagi dari awal dan begitu seterusnya sampai benar-benar konsisten 7 hari berturut-turut berhasil.


Kebutuhan untuk mini project ini meliputi, 
1. Niat dan tekad yang kuat
2. Stok sabar dan doa tentunya
3. Hafalan quran dan dzikir 
4. Konsisten dan istiqomah


Susunan tim dalam mini project ini adalah aku sebagai leader dan peserta nya adalah diri sendiri. 
Sasaran mini project ini adalah individualis, proyek pribadi untuk melatih diri sekaligus membiasakan diri untuk bisa menguasai diri sendiri.


Waktu 
Waktu start mini project dimulai dari bangun tidur sampai waktu tidur kembali dan dimulai dengan challenge pertama 7 hari berturut-turut. InsyaaAllah akan dimulai besok 13 April 2020.


Tempat 
Dimanapun diri sendiri berada, dalam hal ini karena sedang #diamdirumahaja maka tempatnya dikhususkan di rumah.


Estimasi Dana 
- Dana yang dikeluarkan adalah 0



Parameter Keberhasilan 
Dengan mengawali 7 hari pertama dikatakan berhasil jika dalam waktu tersebut selama berturut turut tidak ada adegan marah, kesal, omelan dan hal negatif lainnya di rumah. Hati dan jiwa senang, anak-anak pun senang, nyaman dan melihat ibu nya sudah lebih bisa sabar dan lembut. Murojaah hafalan yang dilakukan terus menerus saat meredam atau mengalihkan perhatian insyaaAllah menjadi hal positif dan  ladang ibadah untuk semakin menguatkan hafalan juga. Bismillah, aku berniat, aku berusaha dan aku bisa ! 


-UmmuQonita&Ghaziya- 

12 April 2020 

#kampungkomunitas
#miniproject
#kampungkomunitasbatch8
#institutibuprofesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fii Amanillah Abi

Sebuah cerita pengalaman seorang anak berusia 6 tahun saat qodarullah harus ditinggal dalam waktu yang cukup lama oleh ayahnya. Cerita ditulisnya dalam buku tulis bertuliskan tangan, sesuai bahasa yang ia tahu dibantu pertanyaan-pertanyaan pemantik dari Ummi agar alurnya pas.  Dibukukan dalam sebuah ebook yang bisa dibaca dan digunakan oleh siapapun untuk kebutuhan literasi. Tidak untuk dikomersilkan.  Salam literasi  Unduh cerita versi pdf di  Fii Amanillah Abi Cerita versi audio book di  Audio Book  atau  https://www.instagram.com/reel/CycAcd2yTq2/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Read Aloud Adab Makan #1

Zona 5 Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital Kegiatan literasi sudah dilakukan pada hari yang bersangkutan akan tetapi qodarullah baru bisa menulis jurnal pada hari ini  ❤️ Project : My book is my day ❤️ Nama : Qonita ❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun 📝 Rencana Project ° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak ° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca ° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio 📚 Sumber Referensi & Media Digital ° Ebook Anak berjudul Adab Makan #1 dari kidstauhid.or.id ° Anchor ° Blogger 📜 Aktifitas Harian ° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku ° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku ° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan ° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor 🌱 Refleksi Alhamdulillah meskipun kal

Hari 28 #Kepompong