Langsung ke konten utama

Read Aloud Hari ke 12- Allah Tuhanku Islam Agamaku

 

Zona 5

Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literiasi Digital





❤️ Project : My book is my day
❤️ Nama : Qonita
❤️ Kelompok Usia : 0-6 tahun

📝 Rencana Project

° Read aloud kepada anak selama 15 hari dengan buku yang dipilih oleh anak
° Mengajak anak mereview buku setelah dibaca
° Mendokumentasikan respon anak (review) dalam bentuk audio


📚 Sumber Referensi & Media Digital

° Buku anak berjudul Allah Tuhanku Islam Agamaku karya Orin Azizah
° Anchor
° Blogger

📜 Aktifitas Harian

° Membacakan anak buku yang dipilihnya sendiri dan mengajak anak untuk duduk bersama sambil membaca buku
° Membiarkan anak berimajinasi dengan gambar ilustrasi yang ada pada buku
° Mereview hasil dari membaca buku dengan melakukan beberapa pertanyaan terkait buku pada anak dan menarik kesimpulan
° Merekam hasil review dan respon anak pada aplikasi anchor

🌱 Refleksi

Alhamdulillah kegiatan membaca buku kali ini jatuh pilihan pada buku berjudul ini, sebelumnya sempat membaca buku yang lain akan tetapi belum sempat terselesaikan anak-anak sudah kehilangan fokus. Namun, saat buku ini dibacakan Alhamdulillah kembali bisa fokus dan menyelesaikan membaca hingga selesai. Adapun manfaat membaca buku ini adalah : 
  • Mengembangkan kemampuan literasi dengan mendengar, menyimak, berimajinasi dan berbicara
  • Mengajak anak untuk lebih mengetahui tentang Rabb-nya (mengenal tauhid)
  • Mengenalkan konsep Rukun Islam beserta apa saja yang termasuk di dalamnya dan bagaimana cara melaksanakannya
  • Menumbuhkan motivasi pada anak agar bangga menjadi seorang muslim dengan belajar mengenal berbagai rukun Islam 

🔉 Dokumentasi Audio



#harike12
#tantangan15hari
#zona5membangunkarakter
#stimulasiliterasibacatulis
#stimulasiliterasidigital
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lima Tahun yang Lalu

Tepat 5 tahun yang lalu di tanggal yang sama.  Sejak subuh aku sudah terbangun dan lagi-lagi meringis. Merasakan menit demi menit apa yang dinamakan orang-orang dengan gelombang cinta menanti sang buah hati terlahir ke dunia.  Seperti sudah menjadi kebiasaanku setiap bangun tidur maka aku harus segera mandi, tak bisa dinanti-nanti. Aku berjalan dengan perlahan menuju kamar mandi berniat mandj dan wudhu untuk shalat.  Jalanku sudah macam kura-kura berjalan saja, dengan berpegangan tangan ke tembok atau apa saja yang kulalui dekat denganku.  Kulihat Mamahku sudah sibuk di dapur.  Berapa terkejutnya aku saat memulai mandi tapi sudah ada bercak merah darah segar keluar disertai dengan rasa mulas melilit.  Aku spontan berteriak memanggil Mamahku. Tentu saja dengan bahasa isyarat.  Karena hiper Saliva ku yang tak kunjung membaik malah semakin menjadi di trimester akhir. Ditambah dengan long day sickness kunamai demikian karena setiap aku ke kamar mandi pasti...

Hari 27 #Kepompong

Hari 1 #Kepompong

Untuk menjadi seekor kupu-kupu yang cantik tentu saja ada tahapan metamorfosis. Dari yang awalnya sebagai telur, ulat, kepompong dan jadilah kupu-kupu.  Di tahap telur aku diajak untuk lebih menyelami diri sendiri. Melihat potensi dan menemukan apa yang menjadi bahagiaku. Di tahap ulat, berbagai makanan dilahap agar tetap menjadi seekor ulat yang sehat dan lincah. Makanan yang dilahap tak sembarangan, harus bergizi dan tentunya sesuai dengan kesukaan.  Tibalah di tahap kepompong. Disini aku diajak untuk lebih percaya kepada diri sendiri. Berusaha dengan sungguh-sungguh melakukan yang terbaik, berproses waktu demi waktu menumbuhkan ,melatih berbagai kekuatan, kemampuan agar kelak sudah siap ketika menjadi seekor kupu-kupu.  Dari beberapa hal yang telah dilahap, dipelajari di tahap ulat aku memilih satu hal yang akan dilatih selama tahap kepompong. Setelah mempertimbangkan strong why dan idikator apa yang akan dicapai akhirnya aku memilih latihan "tidak mudah memarahi anak"...